10 Soal Essay Informatika
10 Soal Essay Informatika
Agha Nabigh Haakim 7E 03
1. Apakah
yang dimaksud dengan ilmu Informatika?
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan,
dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan
tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan
penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah
informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing,
atau computer science.
Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan
aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi? Menurut
KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam
matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau
peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.
Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional
(computational thinking).
Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan
proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar
(reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini
didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik
untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar
informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi,
baik yang mengandung komputer maupun tidak.
Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun,
Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri
sendiri. Informatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri
karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan berbeda dari
bidang ilmu lainnya (computational thinking), sudah tahan lama (ide dan
konsepnya sudah berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai
sekarang), dan setiap prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada
teknologi tertentu.
Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan
tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika
sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.
Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut
Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan
memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet. Masyarakat sekarang
ini disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia fisik sekaligus
di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan). Banyak kegiatan
dilakukan manusia secara isik maupun secara daring dengan pemanfaatan teknologi
komputer dan internet. Kalian tentu bisa mengingat pengalaman kegiatan kalian
yang didukung teknologi komputer dan internet, mulai dari berkomunikasi dengan
media sosial, bermain game online, memesan makanan, memesan transportasi,
mendaftar sekolah, belajar secara daring, dan sebagainya
2. Sebutkan
5 Dampak Positif Informatika buat kamu sebagai pelajar SMP
-Mempermudah komunikasi
-Dapat dengan mudah menerima informasi di internet
-Dapat lebih update dengan berita atau tren yang
sedang terjadi
-Dapat mengenal berbagai macam budaya atau karya
dari tempat lain
-Dapat lebih mudah mengolah suatu masalah
3. Sebutkan 5 Dampak Negatif Informatika buat kamu
sebagai pelajar SMP
-Lebih cenderung berkomunikasi secara online
dibanding offline
-Lebih mencintai budaya asing dibanding budayanya
sendiri
-Moral-moral dalam kehidupan sehari-hari mulai
memudar
-Lebih memilih menghabiskan banyak waktu didepan layer
device dibanding tatap muka
-Komunikasi antar anggota keluarga berkurang
sehingga berkurangnya kedekatan
4. Jelaskan cara
membuat program sederhana yang kamu ketahui
Cara membuat program komputer bisa Anda mulai dengan mencari
ide yang bagus sekaligus tinggi potensi manfaatnya. Maksudnya adalah selain
bagus, program komputer yang akan Anda buat nantinya harus bermanfaat untuk
orang banyak.
Program yang bagus dan bermanfaat akan memudahkan orang yang
menggunakannya. Anda bisa juga mencari inspirasi dari program-program yang
sudah ada dan pernah Anda gunakan. Lalu Anda perhatikan, apakah ada hal yang
bisa Anda lakukan untuk membuat program tersebut lebih baik?
Kemudian Anda juga bisa mencari ide dari kegiatan sehari-hari yang
dilakukan orang-orang. Dari sana Anda bisa berpikir tentang sebuah program yang
harus dibuat untuk memudahkan orang-orang dalam menjalankan kegiatannya.
Nah setelah Anda memikirkan ribuan ide yang terbesit dalam pikiran Anda
maka jangan lupa untuk menulis ide-ide tersebut. Tidak peduli sekonyol apapun
harus tetap Anda tulis. Kadang dari hal konyol inilah tercipta sebuah program
komputer yang luar biasa.
Anda harus tahu bahwa program komputer yang sukses adalah program komputer
yang berguna dan memudahkan hidup penggunanya. Jadi usahakan ide-ide yang Anda
telurkan akan bermanfaat untuk hidup orang banyak.
Nah setelah Anda mencari ide atau inspirasi program
komputer yang akan Anda buat sekaligus menuliskannya maka selanjutnya Anda
pilih satu ide. Pilih yang sekiranya paling bermanfaat untuk pengguna dan
disukai mereka. Jika Anda sudah menentukan pilihan maka selanjutnya Anda bisa
memulai mendesain program komputer tersebut.
Maksud dari desain disini adalah gambaran umum tentang fitur dan
fasilitas yang Anda sediakan pada program komputer tersebut. Nah jika Anda
selesai membuat desain program maka selanjutnya Anda akan dimudahkan. Nanti
ketika dalam proses pengembangan Anda akan selalu mengacu pada desain umum yang
Anda buat ini.
Hal ini penting agar proyek membuat program komputer yang Anda
laksanakan selalu berada dalam trek yang benar. Tanpa membuat desain gambaran
umum nanti Anda akan kebingungan di tengah jalan. Hal ini bisa menunda
penyelesaian program komputer yang Anda buat.
Selain itu membuat desain program juga akan membantu Anda dalam
menentukan bahasa pemrograman yang yang akan Anda gunakan. Karena memang banyak
macam bahasa pemrograman yang memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain.
Hal penting yang harus Anda ingat, Anda tidak harus langsung
memulai sebuah proyek yang besar. Anda bisa memulai dengan proyek yang ringan
dulu, lebih-lebih jika Anda masih pemula. Jika Anda langsung memulai proyek
yang besar dan sulit, bisa-bisa proyek tersebut tidak akan pernah selesai.
Dari proyek skala kecil Anda juga punya waktu lebih banyak untuk
belajar menajamkan skill Anda. Dengan target yang ringan ini Anda juga bisa
belajar banyak hal dan yang lebih penting adalah pengalaman-pengalaman yang
akan Anda dapatkan.
Cara membuat program komputer selanjutnya adalah
dengan mempelajari bahasa pemrograman. Seperti yang sudah kami singgung
sebelumnya, bahwa untuk membuat sebuah program komputer Anda harus menguasai
bahasa pemrograman yang digunakan pada program tersebut.
Lebih jauh, Anda harus tahu bahwa sebuah program dibuat dan
dikembangkan melalui proses coding. Jadi jika Anda ingin membuat sebuah program
komputer setidaknya Anda harus menguasai satu bahasa pemrograman.
Selain harus menguasai bahasa
pemrograman yang dibutuhkan, cara membuat program komputer dengan mudah adalah
dengan mempelajari konsep dasar pemrograman. Karena tidak peduli bahasa
pemrograman apapun yang Anda gunakan, Anda tetap butuh memahami dan menguasai
konsep dasar pemrograman.
Cara membuat program komputer
selanjutnya agar prosesnya mudah adalah terus belajar tentang bahasa
pemrograman. Anda harus tahu bahwa ilmu pemrograman sifatnya dinamis jadi Anda
harus siap terus belajar hal-hal baru.
5. Apakah yang dimaksud
Computational Thinking?
Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk
menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat
dilakukan oleh komputer. Dengan demikian, kita akan belajar bagaimana
menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan efisien. Berpikir
komputasional adalah landasan berpikir dalam menciptakan suatu program.
Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan
proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar
(reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini
didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik
untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar
informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi,
baik yang mengandung komputer maupun tidak
Beberapa aspek dalam Berpikir Komputasional adalah
-Algoritma/Pola
-Optimasi Penjadwalan
-Struktur Data
-Representasi Data
Algoritma/Pola dapat digunakan untuk mendeinisikan sebuah
bentuk atau struktur yang tetap. Dalam mengerjakan berbagai kegiatan, terkadang
kita harus mengikuti pola atau aturan-aturan tertentu. Misalnya: seorang siswa
diperbolehkan mengikuti ujian jika membawa kartu bukti peserta ujian. Atau,
seorang peserta pertandingan olahraga diperbolehkan mengikuti pertandingan jika
sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan lolos dari pemeriksaan kesehatan.
Optimasi Penjadwalan adalah kemampuan mengoptimalkan waktu
yang kita miliki. Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur
jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari pukul 07.00-pukul 12.00, kita sekolah.
Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti, misalnya
mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman, dan
lainnya. Dengan demikian, kita harus bisa memilih kegiatan mana saja yang akan
kita lakukan pada hari tertentu dan tentunya, kita perlu juga mengatur jadwal
agar kegiatan-kegiatan tersebut tidak bertabrakan waktunya.
Struktur data adalah penyusunan data berdasarkan strukturnya.
Dalam kehidupan sehari-hari, kalian pasti pernah mengetahui data yang disusun
dalam bentuk sebuah daftar (dalam bidang Informatika, biasanya disebut list).
Contoh: daftar belanja ibu yang dibawa ketika ibu akan ke pasar, daftar siswa
dalam sebuah kelas. Daftar tersebut ada yang memiliki keterurutan dan ada yang
tidak.
Representasi data adalah pengolahan data yang sudah terepresentasikan.
Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita dihadapkan pada banyak pilihan.
Pilihannya bisa terdiri atas dua kemungkinan atau lebih. Jika hanya terdiri
atas dua kemungkinan, biasanya jawabannya adalah ya atau tidak. Sebagai contoh:
Apakah hari ini kalian sarapan roti? Jawabannya ialah ya atau tidak. Apakah
kemarin turun hujan? Pertanyaan tersebut tentu berbeda dengan pertanyaan: Apa
warna kesukaan kalian? Pertanyaan mengenai warna kesukaan tidak dapat dijawab
dengan ya atau tidak. Jika pertanyaannya diubah menjadi “Apakah warna kesukaan
kalian adalah biru?”, pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan ya atau tidak.
Dapatkah kalian menyebutkan contoh pertanyaan lain yang peluang jawabannya pada
umumnya adalah ya atau tidak?
6. Mengapa Computational Thinking penting diajarkan sejak
dini?
Agar kita dapat memiliki pola berpikir yang baik dalam memecahkan
masalah saat kita sudah dewasa. Ini akan memudahkan kita dalam meraih atau
mencapai apa yang kita inginkan dan dalam menghadapi rintangan yang akan kita
hadapi nanti.
7. Bagaimana cara kamu memanfaatkan media sosial secara baik
dan benar?
Menggunakan media sosial harus dibarengi dengan pemahaman
yang baik atas moralitas dan norma norma yang diajarkan dalam budaya atau lingkungan
sekitar. Sehingga ketika kita menghadapi suatu hal yang buruk dalam media
sosial, kita tahu kita harus menghindarinya. Kita juga dapat mengolah kebenaran
informasi dan mendapat berbagai macam informasi, berita, dan trending yang dapat
bermanfaat bagi kita. Dan jangan memakai media sosial terlalu lama karena akan
ada dampak negatifnya.
8. Apa yang dimaksud dengan Hoaks atau berita bohong?
Menurut google, Hoax adalah
informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk
tujuan lelucon hingga serius (politis).
Secara Bahasa hoax (synonyms:
practical joke, joke, jest, prank, trick) adalah lelucon,
cerita bohong, kenakalan, olokan, membohongi, menipu, mempermainkan,
memperdaya, dan memperdayakan.
Dalam Kamus Bahasa Indonesia (KBBI), hoax
diterjemahkan menjadi hoaks yang
diartikan dengan “berita bohong”.
Dalam Kamus Jurnalistik, Berita Bohong (Libel) diartikan
sebagai berita yang tidak benar sehingga menjurus pada kasus pencemaran nama
baik.
9. Jelaskan cara memasukkan file presentasi ke dalam
blog pribadi kamu!
Jika menuruti pengalaman pribadi saya selama ini,
saya akan cenderung mengcopy link dari file presentasi yang ingin saya
masukkan. Lalu, saya akan membuka tab blogger.com dan membuka post baru. Di
post baru tersebut, saya akan mengklik tombol bersimbol link atau semacam
rantai. Tombol ini memiliki fungsi “insert or edit link”. Lalu saya akan memasukkan
link yang sudah saya copy di bagian “Paste or search for a link”. Saya
terkadang memilih “di sini, ini,” dll dalam memilih text to display sehingga
membuat makin menarik.
10. Apa yang kamu sukai dari pelajaran Informatika?
Saya menyukai belajar bagaimana dunia ini dapat terhubung
walau jaraknya ribuan kilometer. Menurut saya teknologi adalah hal yang sangat
luar biasa dan seperti tak terbayangkan. Mempelajari bagaimana kerja
barang-barang canggih yang ada di sekitar saya juga sangat menarik. Perkembangan
teknologi, ancaman teknologi, serta fungsi dan potensial dari teknologi yang
akan datang juga tak kalah menarik bagi saya.
Comments
Post a Comment