10 Soal Essay Informatika

 10 Soal Essay Informatika

Agha Nabigh Haakim 7E 03

1. Apakah yang dimaksud dengan ilmu Informatika?

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi? Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan. Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking).

Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.

Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri. Informatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan berbeda dari bidang ilmu lainnya (computational thinking), sudah tahan lama (ide dan konsepnya sudah berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai sekarang), dan setiap prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu.

Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.

Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet. Masyarakat sekarang ini disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia fisik sekaligus di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan). Banyak kegiatan dilakukan manusia secara isik maupun secara daring dengan pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Kalian tentu bisa mengingat pengalaman kegiatan kalian yang didukung teknologi komputer dan internet, mulai dari berkomunikasi dengan media sosial, bermain game online, memesan makanan, memesan transportasi, mendaftar sekolah, belajar secara daring, dan sebagainya

2. Sebutkan 5 Dampak Positif Informatika buat kamu sebagai pelajar SMP

-Mempermudah komunikasi

-Dapat dengan mudah menerima informasi di internet

-Dapat lebih update dengan berita atau tren yang sedang terjadi

-Dapat mengenal berbagai macam budaya atau karya dari tempat lain

-Dapat lebih mudah mengolah suatu masalah

 

3. Sebutkan 5 Dampak Negatif Informatika buat kamu sebagai pelajar SMP

-Lebih cenderung berkomunikasi secara online dibanding offline

-Lebih mencintai budaya asing dibanding budayanya sendiri

-Moral-moral dalam kehidupan sehari-hari mulai memudar

-Lebih memilih menghabiskan banyak waktu didepan layer device dibanding tatap muka

-Komunikasi antar anggota keluarga berkurang sehingga berkurangnya kedekatan

 

4. Jelaskan cara membuat program sederhana yang kamu ketahui

Cara membuat program komputer bisa Anda mulai dengan mencari ide yang bagus sekaligus tinggi potensi manfaatnya. Maksudnya adalah selain bagus, program komputer yang akan Anda buat nantinya harus bermanfaat untuk orang banyak.

Program yang bagus dan bermanfaat akan memudahkan orang yang menggunakannya. Anda bisa juga mencari inspirasi dari program-program yang sudah ada dan pernah Anda gunakan. Lalu Anda perhatikan, apakah ada hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat program tersebut lebih baik?

Kemudian Anda juga bisa mencari ide dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan orang-orang. Dari sana Anda bisa berpikir tentang sebuah program yang harus dibuat untuk memudahkan orang-orang dalam menjalankan kegiatannya.

Nah setelah Anda memikirkan ribuan ide yang terbesit dalam pikiran Anda maka jangan lupa untuk menulis ide-ide tersebut. Tidak peduli sekonyol apapun harus tetap Anda tulis. Kadang dari hal konyol inilah tercipta sebuah program komputer yang luar biasa.

Anda harus tahu bahwa program komputer yang sukses adalah program komputer yang berguna dan memudahkan hidup penggunanya. Jadi usahakan ide-ide yang Anda telurkan akan bermanfaat untuk hidup orang banyak.

Nah setelah Anda mencari ide atau inspirasi program komputer yang akan Anda buat sekaligus menuliskannya maka selanjutnya Anda pilih satu ide. Pilih yang sekiranya paling bermanfaat untuk pengguna dan disukai mereka. Jika Anda sudah menentukan pilihan maka selanjutnya Anda bisa memulai mendesain program komputer tersebut.

Maksud dari desain disini adalah gambaran umum tentang fitur dan fasilitas yang Anda sediakan pada program komputer tersebut. Nah jika Anda selesai membuat desain program maka selanjutnya Anda akan dimudahkan. Nanti ketika dalam proses pengembangan Anda akan selalu mengacu pada desain umum yang Anda buat ini.

Hal ini penting agar proyek membuat program komputer yang Anda laksanakan selalu berada dalam trek yang benar. Tanpa membuat desain gambaran umum nanti Anda akan kebingungan di tengah jalan. Hal ini bisa menunda penyelesaian program komputer yang Anda buat.

Selain itu membuat desain program juga akan membantu Anda dalam menentukan bahasa pemrograman yang yang akan Anda gunakan. Karena memang banyak macam bahasa pemrograman yang memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain.

Hal penting yang harus Anda ingat, Anda tidak harus langsung memulai sebuah proyek yang besar. Anda bisa memulai dengan proyek yang ringan dulu, lebih-lebih jika Anda masih pemula. Jika Anda langsung memulai proyek yang besar dan sulit, bisa-bisa proyek tersebut tidak akan pernah selesai.

Dari proyek skala kecil Anda juga punya waktu lebih banyak untuk belajar menajamkan skill Anda. Dengan target yang ringan ini Anda juga bisa belajar banyak hal dan yang lebih penting adalah pengalaman-pengalaman yang akan Anda dapatkan.

Cara membuat program komputer selanjutnya adalah dengan mempelajari bahasa pemrograman. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa untuk membuat sebuah program komputer Anda harus menguasai bahasa pemrograman yang digunakan pada program tersebut.

Lebih jauh, Anda harus tahu bahwa sebuah program dibuat dan dikembangkan melalui proses coding. Jadi jika Anda ingin membuat sebuah program komputer setidaknya Anda harus menguasai satu bahasa pemrograman.

Selain harus menguasai bahasa pemrograman yang dibutuhkan, cara membuat program komputer dengan mudah adalah dengan mempelajari konsep dasar pemrograman. Karena tidak peduli bahasa pemrograman apapun yang Anda gunakan, Anda tetap butuh memahami dan menguasai konsep dasar pemrograman.

Cara membuat program komputer selanjutnya agar prosesnya mudah adalah terus belajar tentang bahasa pemrograman. Anda harus tahu bahwa ilmu pemrograman sifatnya dinamis jadi Anda harus siap terus belajar hal-hal baru.

5. Apakah yang dimaksud Computational Thinking?

Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan oleh komputer. Dengan demikian, kita akan belajar bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan efisien. Berpikir komputasional adalah landasan berpikir dalam menciptakan suatu program.

Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak

Beberapa aspek dalam Berpikir Komputasional adalah

-Algoritma/Pola

-Optimasi Penjadwalan

-Struktur Data

-Representasi Data

Algoritma/Pola dapat digunakan untuk mendeinisikan sebuah bentuk atau struktur yang tetap. Dalam mengerjakan berbagai kegiatan, terkadang kita harus mengikuti pola atau aturan-aturan tertentu. Misalnya: seorang siswa diperbolehkan mengikuti ujian jika membawa kartu bukti peserta ujian. Atau, seorang peserta pertandingan olahraga diperbolehkan mengikuti pertandingan jika sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan lolos dari pemeriksaan kesehatan.

Optimasi Penjadwalan adalah kemampuan mengoptimalkan waktu yang kita miliki. Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari pukul 07.00-pukul 12.00, kita sekolah. Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti, misalnya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman, dan lainnya. Dengan demikian, kita harus bisa memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu dan tentunya, kita perlu juga mengatur jadwal agar kegiatan-kegiatan tersebut tidak bertabrakan waktunya.

Struktur data adalah penyusunan data berdasarkan strukturnya. Dalam kehidupan sehari-hari, kalian pasti pernah mengetahui data yang disusun dalam bentuk sebuah daftar (dalam bidang Informatika, biasanya disebut list). Contoh: daftar belanja ibu yang dibawa ketika ibu akan ke pasar, daftar siswa dalam sebuah kelas. Daftar tersebut ada yang memiliki keterurutan dan ada yang tidak.

Representasi data adalah pengolahan data yang sudah terepresentasikan. Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita dihadapkan pada banyak pilihan. Pilihannya bisa terdiri atas dua kemungkinan atau lebih. Jika hanya terdiri atas dua kemungkinan, biasanya jawabannya adalah ya atau tidak. Sebagai contoh: Apakah hari ini kalian sarapan roti? Jawabannya ialah ya atau tidak. Apakah kemarin turun hujan? Pertanyaan tersebut tentu berbeda dengan pertanyaan: Apa warna kesukaan kalian? Pertanyaan mengenai warna kesukaan tidak dapat dijawab dengan ya atau tidak. Jika pertanyaannya diubah menjadi “Apakah warna kesukaan kalian adalah biru?”, pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan ya atau tidak. Dapatkah kalian menyebutkan contoh pertanyaan lain yang peluang jawabannya pada umumnya adalah ya atau tidak?

6. Mengapa Computational Thinking penting diajarkan sejak dini?

Agar kita dapat memiliki pola berpikir yang baik dalam memecahkan masalah saat kita sudah dewasa. Ini akan memudahkan kita dalam meraih atau mencapai apa yang kita inginkan dan dalam menghadapi rintangan yang akan kita hadapi nanti.

7. Bagaimana cara kamu memanfaatkan media sosial secara baik dan benar?

Menggunakan media sosial harus dibarengi dengan pemahaman yang baik atas moralitas dan norma norma yang diajarkan dalam budaya atau lingkungan sekitar. Sehingga ketika kita menghadapi suatu hal yang buruk dalam media sosial, kita tahu kita harus menghindarinya. Kita juga dapat mengolah kebenaran informasi dan mendapat berbagai macam informasi, berita, dan trending yang dapat bermanfaat bagi kita. Dan jangan memakai media sosial terlalu lama karena akan ada dampak negatifnya.

8. Apa yang dimaksud dengan Hoaks atau berita bohong?

Menurut google, Hoax adalah informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk tujuan lelucon hingga serius (politis).

Secara Bahasa hoax (synonyms: practical joke, joke, jest, prank, trick) adalah lelucon, cerita bohong, kenakalan, olokan, membohongi, menipu, mempermainkan, memperdaya, dan memperdayakan.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia (KBBI), hoax diterjemahkan menjadi hoaks yang diartikan dengan “berita bohong”.

Dalam Kamus Jurnalistik, Berita Bohong (Libel) diartikan sebagai berita yang tidak benar sehingga menjurus pada kasus pencemaran nama baik.

9. Jelaskan cara memasukkan file presentasi ke dalam blog pribadi kamu!

Jika menuruti pengalaman pribadi saya selama ini, saya akan cenderung mengcopy link dari file presentasi yang ingin saya masukkan. Lalu, saya akan membuka tab blogger.com dan membuka post baru. Di post baru tersebut, saya akan mengklik tombol bersimbol link atau semacam rantai. Tombol ini memiliki fungsi “insert or edit link”. Lalu saya akan memasukkan link yang sudah saya copy di bagian “Paste or search for a link”. Saya terkadang memilih “di sini, ini,” dll dalam memilih text to display sehingga membuat makin menarik.

10. Apa yang kamu sukai dari pelajaran Informatika?

Saya menyukai belajar bagaimana dunia ini dapat terhubung walau jaraknya ribuan kilometer. Menurut saya teknologi adalah hal yang sangat luar biasa dan seperti tak terbayangkan. Mempelajari bagaimana kerja barang-barang canggih yang ada di sekitar saya juga sangat menarik. Perkembangan teknologi, ancaman teknologi, serta fungsi dan potensial dari teknologi yang akan datang juga tak kalah menarik bagi saya.


Comments

Popular posts from this blog

Menggunakan Microsoft Excel