Tutorial Microsoft Excel

Apa itu Microsoft excel?

Microsoft Excel adalah aplikasi utama untuk pencatatan dan pengolahan data untuk berbagai bidang dan keperluan. Seperti akuntansi, penjualan, analisa statistika, dan lain sebagainya.

Pemanfaatan Microsoft Excelpun sangat luas, baik di kalangan masyarakat umum, professional, serta organisasi untuk menghasilkan beragam teknik pengolahan data dan pemodelan data dalam bentuk laporan dan grafis.

Pada blog kali ini, saya akan menyajikan beberapa daftar panduan microsoft excel beserta tutorial dasarnya

Excel merupakan aplikasi pengolah data dengan menggunakan tabel atau terkenal dengan nama SpreadsheetPada gambar diatas, ada 3 hal yang harus anda ketahui.

  1. Dari kiri ke kanan layar atau sebaliknya (Horizontal), hal tersebut dinamakan Baris. Baris di Excel diwakilkan dengan angka yang berurutan dari 1 dan seterusnya.
  2. Dari atas ke bawah layar atau sebaliknya (Vertikal), hal tersebut dinamakan Kolom. Kolom di Excel diwakilkan dengan huruf yang berurutan dari huruf A dan seterusnya.
  3. Jika anda mengklik ruang kosong di halamannya, hal tersebut dinamakan Sel. Sel di Excel diwakilkan dengan kombinasi kolom dan baris seperti A1, B2, D10, dan lain-lain. Jika D10, maka sel tersebut berada di kolom D dan pada baris 10.

Di Excel, untuk menghitung angka dan memanipulasi data lainnya memiliki istilahnya sendiri yaitu menggunakan “Fungsi”. Fungsi bisa dikatakan “rumus” agar angka yang keluar sesuai yang kita inginkan. Untuk membuat Fungsi, anda harus klik kotak yang tersedia di Excel dan ketik tanda “=” (sama dengan).

Memasukkan Formula Dan Melihat Hasilnya

Misalnya anda ingin menghitung 5 + 5. Anda pasti sudah tahu kalau hasilnya 10, jadi formula lengkapnya adalah “5 + 5 = 10”. Di Excel, tanda “=” diketik terlebih dahulu, baru diikuti dengan rumusnya. jadi, untuk menampilkan hasil pertambahan, silahkan ketik di Excel “=5+5”. Setelah anda tekan enter, maka hasilnya akan keluar.

Selain penjumlahan, Anda juga bisa menggunakan fungsi-fungsi lainnya pada menu Autosum seperti gambar di atas.  Penjelasan untuk masing-masing fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • SUM: Penjumlahan
  • Average: Mencari nilai rata-rata.
  • Count Numbers: Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.
  • Max: Mencari nilai paling besar.
  • Min: Mencari nilai paling kecil.

Tips lainnya untuk cara belajar menggunakan Excel dengan cepat adalah membuat tabel. Dengan membuat tabel, data yang Anda berikan dapat diorganisir di Excel lebih mudah lagi. Jangan menganggap bahwa dengan mengisi data di sel-sel di Excel, data tersebut sudah menjadi Tabel. Anda perlu memformatnya terlebih dahulu, layaknya tips sebelumnya.

Membuat Tabel Di Excel

Silahkan anda blok terlebih dahulu data tabel anda. Kemudian, akan ada tombol tambahan di pojok kanan bawah seperti gambar diatas. Klik bagian “Tables” dan klik “Table”.

Menyortir Tabel Excel

Setelah anda melakukan hal tersebut, maka tampilannya akan menjadi seperti diatas. Dengan data yang sudah menggunakan format tabel ini, anda bisa melakukan beberapa hal. Contohnya saja ketika anda klik tanda panah bawah terhadap “Daftar Buku”, maka anda bisa menyortirnya berdasarkan huruf. Misal dari A ke Z atau Z ke A.

Sekiranya itu yang bisa saya berikan, terima kasih

Berikut beberapa sumber saya https://www.kelasexcel.id/2014/06/pengenalan-sejarah-dan-pengertian-microsoft-excel.html

https://windowsku.com/10-tips-cara-belajar-menggunakan-excel-cepat/



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menggunakan Microsoft Excel